Pertemuan Rutin Paguyuban Kader Kesehatan

  • Apr 25, 2024
  • BUNUTWETAN.PAKIS

Rabu, 24 April 2024, bertempat di Kantor Desa Bunutwetan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang diadakan Pertemuan Rutin Paguyuban Kader Kesehatan dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Desa Bunutwetan, kader kesehatan memainkan peran yang sangat penting. Sebagai anggota paguyuban ini, pertemuan rutin ini diadakan secara berkala dan bertempat di Kantor Desa Bunutwetan. Pertemuan ini adalah platform di mana kami dapat saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman terkait isu-isu kesehatan masyarakat.

Sebagai kader kesehatan, tugas kami tidak hanya sebatas berpartisipasi dalam pertemuan rutin. Kami juga bertanggung jawab untuk melakukan monitoring dan pemetaan kesehatan di tingkat desa. Dalam hal ini, kami melakukan survei terkait kondisi kesehatan masyarakat desa, seperti tingkat kejadian penyakit, kecukupan sanitasi, dan akses terhadap layanan kesehatan. Data yang kami kumpulkan digunakan untuk menyusun strategi dan program kesehatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Salah satu aspek penting dari peran kami sebagai kader kesehatan adalah pemberdayaan masyarakat dalam hal kesehatan. Kami berupaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan melalui penyuluhan dan edukasi. Kami mengadakan kegiatan sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan upaya pencegahan penyakit dan pola hidup sehat.

karena masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri pertemuan tersebut sekaligus sebagai Halal bi Halal sebagai bentuk silaturahmi antar-kader kesehatan dan Pemerintah Desa. Acara ini menjadi momen yang berharga untuk mempererat hubungan antara kami, memperkuat kebersamaan dalam menjaga kesehatan. Halal bi halal juga menjadi ajang untuk berdialog dan saling berbagi pengalaman dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang kesehatan.

Dalam acara tersebut diadakan juga Kegiatan Sosialisasi PSN dan Pencegahan Demam Berdarah oleh Bidan Desa, Sebagai kader kesehatan di Desa Bunutwetan, kami juga turut aktif dalam mensosialisasikan Program Sanitasi Nasional (PSN) dan pencegahan demam berdarah. Kami menyadari betapa pentingnya kebersihan lingkungan dan pengendalian vektor agar terhindar dari penyakit menular. Melalui kegiatan sosialisasi ini, kami berharap masyarakat dapat memahami dan menerapkan upaya pencegahan secara efektif.